Gerhana Bulan Penumbra 23 Maret 2016


Bulan Maret tahun 2016 merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, khususnya pecinta Astronomi. Masyarakat Indonesia sudah disuguhkan fenomena alam yang spektakuler yang hanya melewati daratan Indonesia, yaitu Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016.

Akhir bulan Maret 2016, tepatnya tanggal 23 Maret 2016 kembali akan disuguhkan fenomena alam Gehana Bulan Penumbra.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, Gerhana Bulan terjadi sebagai akibat pergerakan Matahari – Bumi – Bulan. Bulan berputar terhadap dirinya sendiri dan bergerak mengelilingi Bumi. Dan, bersama Bumi, keduanya bergerak mengelilingi Matahari.

Dalam pergerakan itu, ada kalanya Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari sehingga menghalangi cahaya matahari ke Bumi sehingga terjadilah gerhana Matahari. Tapi di saat yang lain Bulan akan berada “di belakang Bumi” dan kini giliran Bumi yang berada di antara Bulan dan Matahari. Akibatnya, Bulan tidak menerima cahaya Matahari karena dihalangi Bumi sehingga terjadilah gerhana Bulan.

Gerhana Bulan biasanya terjadi ketika Bulan Purnama ketika Matahari – Bumi – Bulan berada pada posisi sejajar.  Tapi, tidak setiap Bulan Purnama gerhana Bulan akan terjadi. Ini dikarenakan orbit Bulan yang memiliki kemiringan 5º terhadap orbit Bumi.

Ketika terjadi gerhana, Bulan akan memasuki bayangan Bumi yang kalau diamati memiliki dua komponen kerucut.  Bayangan pada kerucut terluar adalah area bayangan penumbra dimana Bumi mengahalangi hanya sebagian cahaya Matahari untuk mencapai Bulan. Sedangkan kerucut yang ada di dalam kerucut penumbra atau yang disebut umbra merupakan area dimana Bumi menghalangi seluruh cahaya Matahari untuk mencapai Bulan. (1)

Seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Penumbra. Indonesia bagian Barat dan Tengah, Bulan sudah dalam kondisi gerhana saat terbit.

Tahapan Gerhana

Penumbral-lunar-eclipse-23Mar2016_m

Kredit : skyandtelescope.com

Gerhana Bulan Penumbra 23 Maret 2016 akan lebih sulit untuk teridentifikasi sebagai gerhana, dibanding Gerhana Bulan Total atau Sebagian. Di bawah ini adalah tahapan terjadinya gerhana pada tanggal 23 Maret 2016 adalah sebagai berikut :

Waktu Indonesia Bagian Barat
Awal Gerhana     : 16:39:29 WIB
Puncak Gerhana :  18:47:11 WIB
Akhir Gerhana   :   20:54:50 WIB

Waktu Indonesia Bagian Tengah
Awal Gerhana     : 17:39:29 WITA
Puncak Gerhana :  19:47:11 WITA
Akhir Gerhana   :   21:54:50 WITA

Waktu Indonesia Bagian Timur
Awal Gerhana     : 19:39:29 WIT
Puncak Gerhana :  20:47:11 WIT
Akhir Gerhana   :   22:54:50 WIT

 

Referensi :

1) http://langitselatan.com/2012/11/26/gerhana-bulan-penumbra-terakhir-di-tahun-2012/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s